BUPATI HADIRI PEMBUKAAN PKB KABUPATEN KARANGASEM TAHUN 2019

BUPATI HADIRI PEMBUKAAN

PKB KABUPATEN KARANGASEM TAHUN 2019

 Pesta Kesenian Bali (PKB) yang merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Provinsi Bali, yang dijadikan sebagai wadah aktivitas dan kreativitas para seniman dalam upaya ikut mendukung program pemerintah dalam hal penggalian, pelestarian, dan pengembangan nilai-nilai seni budaya Bali yang adhiluhung. Pesta Kesenian Bali diselenggarakan sebagai upaya persembahan karya cipta seni terbaik masyarakat. Pesta Kesenian Bali merupakan media dan sarana untuk menggali dan melestarikan seni budaya serta meningkatkan kesejahteraan. Pesta Kesenian Bali itu dibuka Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri didampingi Wabup Artha Dipa, Ketua DPRD Nengah Sumardi dan sejumlah Kepala OPD, ditandai dengan memainkan instrumen alat musik tradisional angklung, di Taman Budaya Chandra Buana, Amlapura, Senin (3/5/2019).

 AMLAPURA (NUANSA BALI). Bupati Karangasem mengatakan, dari hasil evaluasi setiap tahun sampai pelaksanaannya yang ke 41 tahun ini. Karangasem perlu terus berbenah diri dan meningkatkan secara kuantitas maupun kualitas pelaksanaannya. Kabupaten Karangasem selalu berpartisipasi mengikuti setiap kegiatan yang dilaksanakan dari tahun ke tahun tanpa pernah absen dengan melibatkan para seniman/pelaku seni yang memang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Karangasem. “Melalui ajang Pesta Kesenian Bali ini, mari kita tunjukkan bahwa Karangasem juga memiliki seniman-seniman yang berkompeten,” ujarnya.

Disamping itu, Pesta Kesenian Bali mempunyai makna strategis, karena berpengaruh pada pembentukan karakter dan mentalitas masyarakat, dalam tujuan untuk menumbuhkan rasa wirang, rasa memiliki serta mencintai budaya kita sendiri. Selain itu moment ini dapat dimanfaatkan memilah-milah dan menyaring pengaruh budaya luar ke dalam lingkungan budaya kita yang Adi Luhung.

Bupati Mas Sumatri meminta para seniman yang akan tampil mewakili Kabupaten Karangasem agar betul-betul mampu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, serta bertanggung jawab demi nama baik Kabupaten Karangasem. Ketua Panitia Pelaksana, Kadis Kebudayaan Putu Arnawa menyampaikan, bahwa Pesta Kesenian Bali ke 41 mengambil tema “Bayu Premana”, Memuliakan Sumber Daya Angin. Di mana spirit tema ini diharapkan mampu membangun dan mendorong semangat masyarakat serta menciptakan iklim kondusif, kreatif, inovatif, dan arif dalam menyikapi berbagai peristiwa.

Arnawa menambahkan, Pesta Kesenian Bali ke 41 Tingkat Kabupaten Karangasem Tahun 2019, Diselenggarakan selama dua hari. Dimana hari pertama dilaksanakan berbagai lomba seperti; lomba nyastra, lomba macecimpedan, lomba mesatua, dan lainnya.

Sementara pada hari kedua dilaksanakan, workshop kewanitaan dengan materi adalah merangkai bunga dan janur seperti, gebogan buah, banten prayascita sakti, membuat jajan laklak, jajan cerorot, tum ayam, .jukut ares dan masakan serba ikan. dan lainnya. selain juga digelar tampilan busana, desain dan peragaan busana ke pura tingkat anak-anak, remaja berpasangan, dan kegiatan lomba lainnya. Pada acara malam penutup digelar penyerahan hadiah masing-masing lomba, penyerahan “Penghargaan Prakertya Racana” kepada pengabdi seni Kabupaten Karangasem Tahun 2019.  *** MNB-HmsKrgsm. @@@.

Facebook Comments