Tumbuhkan Kesadaran Masyarakat Wujudkan Pariwisata Berkelanjutan

Tumbuhkan Kesadaran Masyarakat

Wujudkan Pariwisata Berkelanjutan

 Wabup Artha Dipa menekankan pentingnya menumbuhkan kesadaran masyarakat dan mampu mewujudkan setiap unsur Sapta Pesona dalam mendukung konsep Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan. Penekan ini disampaikan saat menghadiri Lomba Pembinaan Kelompok Sadar Wisata  (Pokdarwis) Tingkat Provinsi Bali, yang diselenggarakan di Desa Wisata Lontar Dukuh, Penaban, Rabu (8/5/2019).

Amlapura (NuansaBali). Wabup Artha Dipa mengatakan, Kabupaten Karangasem merupakan salah satu destinasi pariwisata di Bali yang memiliki keragaman potensi daya tarik wisata, baik alam maupun kekhasan serta keunikan budaya. “Pada intinya, masyarakat perlu diberdayakan agar mereka mempunyai kemampuan untuk dapat berperan aktif dalam program kepariwisataan. Karena sejatinya keterlibatan atau partisipasi masyarakat lokal menjadi penting termasuk dalam kaitannya dengan upaya keberlanjutan pariwisata itu sendiri. Baik itu mencakup perlindungan terhadap alam dan lingkungan, budaya dan adat istiadat, maupun manfaatnya secara ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat,” ungkap Artha Dipa.

Lomba Pokdarwis ini lanjut Wabup Artha Dipa, dapat menjadi perhatian dan agenda bersama, di tingkat kabupaten, provinsi, bahkan di tingkat Nasional yang benar-benar dipersiapkan dengan baik dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Sehingga implementasinya mampu berkembang menjadi bagian dari budaya yang melekat dalam keseharian hidup dan berdampak signifikan terhadap citra dan kualitas destinasi pariwisata Kabupaten Karangasem.

Kadis Pariwisata Provinsi Bali dalam sambutannya dibacakan  Kabid SDM Pariwisata Prov. Bali  Andri, untuk dapat mempertahankan sektor pariwisata. Pemerintah sebagai fasilisator dan regulator, swasta sebagai pelaku dan ujung tombak pengembangan yang berhubungan dengan produk, iklan, dan pasar. Sementara masyarakat dikembangkan kapasitasnya, sehingga dapat berperan sebagai penerima manfaat, sekaligus sebagai pelaku aktif yang mendorong keberhasilan sektor pariwisata di daerah masing masing.

Kadis Pariwisata I Wayan Astika mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wabup Artha Dipa sebagai bentuk dukungan dan komitmen Pemda Karangasem terhadap eksistensi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Dinas Pariwisata Kab. Karangasem selaku Pembina Pokdarwis pun telah melakukan langkah serta upaya dalam menyiapkan Pokdarwis Dukuh Penaban Kelurahan Karangasem. Di antaranya memberikan pendampingan, pembinaan, memfasilitasi setiap kegiatan pembinaan dan juga turut berpartisipasi dalan setiap aksi bersih-bersih menuju areal Pusaka Lontar Dukuh Penaban. ***NuansaBali.com/Hms.

Facebook Comments