Lewat Pengenalan Seni, Ny. Putri Koster Harap Tumbuh Kembang Anak Bisa Optimal

Lewat Pengenalan Seni, Ny. Putri Koster

Harapkan Tumbuh Kembang Anak Bisa Optimal

 

Pemprov Bali (Nuansa Bali.com). Seni sangat penting dikenalkan pada anak-anak. Selain mengajarkan kreativitas seni juga akan menggali bakat mereka. Pengenalan seni menjadi cara mengarahkan emosi anak ke hal positif. Sehingga kenakalan remaja seperti tawuran bisa berkurang. Anak-anak juga diharapkan selalu menggali potensi seni yang dimiliki. Selain itu, pemantauan juga penting dilakukan orang tua agar tumbuh kembang anak optimal. Hal itu disampaikan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi┬áBali Ny. Putri Suastini Koster saat menjadi keynote speaker pada kegiatan seminar dengan tema “Pentingnya Pengenalan Seni Pada Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak” di Gedung Sewaka Dharma, Lumintang, Denpasar, Sabtu (4/5)pagi.

“Seminar seni penting diberikan, mengingat seni berperan penting dalam membentuk karakter anak bila diperkenalkan sejak dini.┬áPengenalan seni juga sudah di ketahui sebagai penyeimbang pertumbuhan dan perkembangan otak kanan dan kiri,” ujar Ny. Putri Koster. Masa anak-anak adalah masa dimana perkembangan otak berjalan sangat efektif. Pada masa ini anak akan dikenalkan pada banyak hal yang akhirnya menimbulkan rasa ingin tahu yang kadang berlebihan. Di masa ini bakat serta potensi akademis dan non akademis anak bermunculan dan sangat potensial disalurkan ke berbagai bidang pendidikan.

Salah satunya pendidikan seni usia dini. “Seperti kita ketahui, zaman sekarang anak lebih sering bermain gadget. Padahal itu tidak bagus bagi tumbuh kembang anak, peran orang tua sangat penting untuk mengawasi hal ini mengingat banyak konten negatif bisa ditemui anak-anak melalui gadget itu. Orang tua harus aktif mengajarkan kepada sang anak untuk kegiatan atau aktivitas yang positif, seperti halnya yang dilakukan oleh Bali Kumara dengan memperkenalkan seni kepada anak-anak. Baik seni musik, menari maupun seni lainnya, ini sangat bagus buat anak,” ujarnya. Pada kesempatan itu, Ny. Putri Suastini Koster berkesempatan menyumbangkan sebuah Puisi berjudul Ujung Pengembaraan Sampan Tua karya Dhenok Kristianti. *** Nuansa Bali.com /Hms.

Facebook Comments